Waktu Yang Tepat Mengisi Freon Ac


Waktu Yang Tepat Mengisi Freon Ac - Pada dasarnya freon ac tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran pada unit maupun instalasi. Sama seperti pada kulkas atau pendingin lainnya, pengisian freon dilakukan jika terjadi kebocoran. Jika tidak maka freon tidak perlu diisi atau ditambah.

Lalu kapan waktu yang tepat mengisi freon ac ? Apakah setiap kali cuci ac kita harus melakukan penambahan freon ?

1# Ketika terjadi kebocoran

Seperti yang sudah saya bahas di awal bahwa freon ac akan berkurang jika memang telah terjadi kebocoran pada unit maupun instalasi. Pada kondisi bocor sudah pasti freon di dalam ac akan berkurang atau bahkan habis.

Jika penanganan kebocoran belum di lakukan, sebaiknya jangan melakukan pengisian freon -- karena ini akan menjadi sia-sia saja,nantinya freon akan kembali berkurang.

2# Mampat

Mampat disini bukan pada instalasi pembuangan air AC -- namun pada sirkulasi freon. Pada kondisi ini mau tidak mau kita harus membuang freon AC --- setelah itu melakukan flushing.

Mampat pada sirkulasi freon akan membuat AC tidak dingin, dan untuk mengatasi masalah ini tindakan flushing menjadi langkah yang harus diambil.

3# Saat mengalami kerusakan kompresor.

Saat kompresor AC mengalami kerusakan apalagi mati total -- maka kita harus mengganti kompresor tersebut. Pada saat penggantian inilah freon didalam kompresor atau unit AC akan terbuang.

Nanti ketika kompresor sudah rapih terpasang barulah nanti pengisian freon ulang akan dilakukan.

Setidaknya ada tiga alasan untuk kapan sekiranya waktu yang tepat untuk melakukan pengisian atau penambahan freon AC.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan salam.

Comments