Service Besar Adalah Cara Terakhir Untuk Mengatasi AC Bocor

Service Besar Adalah Cara Terakhir Untuk Mengatasi AC Bocor

Kebocoran AC yang tak kunjung teratasi bisa sangat menjengkelkan. Terutama untuk anda yang sudah mengalami masalah ini berulang kali.

AC sudah di cuci bersih, talang AC sudah bebas sumbatan, selang pembuangan lancar, tapi kok kebocoran air tak kunjung teratasi ?

Jika begitu maka besar kemungkinan kebocoran AC tersebut disebabkan oleh lumut tebal pada bagian pembuangan AC bagian belakang.

Jujur saja, pada bagian ini pembersihan tidak mungkin bisa dilakukan jika AC masih dalam keadaan terpasang.

Lalu harus bagaimana ya mas?

Satu - satunya cara adalah dengan melakukan service besar. Yaitu mencopot AC bagian indoor terlebih dahulu dan lakukan pencucian dibawah.

Service besar apakah ampuh dalam mengatasi permasalahan bocor air pada AC ?


Jawabannya adalah tergantung dari penyebab apa kebocoran di akibatkan. Jika memang talang pembuangan belakang yang kotor, maka service besar memang harus dilakukan.

Tapi jika penyebab bocor terjadi karena penyumbatan pada talang depan atau selang. Maka melakukan service biasa sudah bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Service besar perlu dilakukan untuk AC dengan usia diatas 3 tahun, terutama jika lingkungan dirumah anda termasuk dalam area dengan tingkat polusi dan debu yang tinggi, seperti pinggir jalan raya misalnya.

Saya cukup berpengalaman dalam mengatasi permasalahan bocor air. Biasanya melakukan "Service Besar" adalah cara terakhir yang saya lakukan jika masalah kebocoran AC tidak kunjung teratasi. Dan sejauh ini, cara tersebut merupakan cara paling efektif.

Biaya Service Besar Pada AC 


Jika kita berbicara harga, maka service besar biasanya membutuhkan biaya lebih besar. Dipasaran sendiri harga service besar pada AC berkisar di harga 300ribu sampai 450ribuan, namun setiap penyedia jasa mematok harga yang  berbeda - beda.

Bagaimana Sih Service Besar Pada AC Di Lakukan ?

Untuk melakukan service besar, pertama kali teknisi akan menurunkan unit indoor. Setelah dilepas, maka semua bagian AC juga akan dilepas.

Seperti swing, motor fan, modul, evaporator dan juga unit outdoor. Namun untuk service besar, biasanya sih unit outdoor tetap terpasang, proses pencucian seperti biasa. Jadi, hanya unit indoor saja yang diturunkan.

Nah itu tadi sedikit pembahasan dari saya mengenai service besar pada AC. Tips singkat dari saya adalah, usahakan untuk melakukan perawatan AC secara rutin, setidaknya tiga bulan sekali.

Semoga tulisan ini bermanfaat, baca terus artikel saya yang lainnya tentang seputaran ilmu pendingin. Saya akan coba update tulisan hampir setiap harinya.

Comments