Penyebab Pipa Ac Yang Besar Keluar Bunga Es

Penyebab Pipa Ac Yang Besar Keluar Bunga Es

Penyebab Pipa Ac Yang Besar Keluar Bunga Es | Artikel Ac Terlengkap - Bunga es pada ac kadang terjadi jika sistem kerja ac mengalami masalah, dilihat dari beberapa penyebab maka sirkulasi freon yang mampat menjadi penyebabnya, biasanya disebabkan oleh pipa ac yang tertekuk.

Pipa besar pada ac merupakan pipa penghisap, jika pipa ini tersumbat maka dapat menyebabkan pipa besar tertutup es, dan berikut ini beberapa penyebab pipa ac yang besar mengeluarkan bunga es :

Pipa ac tertekuk atau bengkok

Pipa ac yang tertekuk pasti akan membuat pipa diselimuti es, ini disebabkan oleh aliran freon yang tersumbat. Untuk perbaikannya maka segera cari pipa ac yang tertekuk, ini biasanya disebabkan oleh pemasangan ac yang tidak sempurna. Segera perbaiki pipa ac yang tertekuk agar sirkulasi jalan freon kembali normal.

Kompresor ac lemah

Selain pipa yang ketekuk, kompresor yang lemah juga dapat membuat pipa ac mengeluarkan es (pipa besar). Jika ini terjadi maka biasanya beberapa teknisi ac menganjurkan untuk mengganti kompresor.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan terhadap kompresor, mungkin saja kompresor kekurangan oli, cek juga press atau tekanan kompresor dengan menekan katup pipa kecil maupun pipa besar, apakah angin yang keluar besar atau pipa hisap menghisap dengan kuat, jika hisapan dan daya dorong lemah, mungkin ac kompresor ac anda mengalami mesalah ( kompresor lemah ),jangan lupa juga untuk memeriksa ampere kompresor.

Sebenarnya hanya ada dua kemungkinan yang paling sering terjadi, namun jika ada penyebab lain dan ada sebagian pembaca yang mengetahuinya, maka bagikan di kolom kementar. Semoga tulisan mengenai penyebab pipa ac yang besar keluar bunga es ini dapat bermanfaat

Comments

  1. Pipa ac yg besar mengeluarkan es itu knpa iy

    ReplyDelete
  2. Ac kaset merk york 2.5 pk pipa besar beku di tekanan 45 psi r22...mohon bantuannya hu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sirkulasi mampet flushing pakai R11,
      ganti pipa kapiler isi ulang freon and problem solved

      Delete
  3. Selain mampet pada pipa besar ( adanya oli) bisa jg salah satu unit kotor.

    ReplyDelete
  4. Jika pipa besar tidak ngisap malah nyembur itu kenapa yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik pasang kabel merah dan biru di kepala kompresor nya.

      Delete
  5. bisa juga karna terlalu kotor dari unit, saran service besar dulu🙏🏻

    ReplyDelete
  6. Pipa besar basah dan dingin klo siang normal gk beku tapi klo malem beku ..knp ya

    ReplyDelete
  7. Daikin inverter R32 kalo di isi freon smpe tekanan normal nya.150 psi knp listrik nya suka anjlok..padahal itu tekanan sesuai ukuran pabrik..

    ReplyDelete
  8. Hbis bnrin tadiny normal n selang bbrp jam kmbli beku kedua pipany tp sebelumny jg sdh ditembak pakai angin g ad yg mampet pipa2ny

    ReplyDelete

Post a Comment