Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Freon Ac

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Freon Ac

Bagaimana cara mudah mengetahui kebocoran freon ac ? Apakah ada cara paling mudah mengatasi permasalahan ini ? Kebocoran freon biasanya terjadi pada ac dengan usia diatas 5 tahun, namun tetap ada yang lebih cepat. Jika ada yang lebih cepat dari itu maka kemungkinan besar terjadi karena kesalahan dalam pemasangan, Seperti kebocoran pada sambungan neuple.misalnya.

Dan berikut ini cara mudah mengetahui kebocoran freon ac.

1. Perhatikan Tanda Berupa Minyak Atau Oli Yang Keluar

Pada kasus kebocoran freon ac tanda ini biasanya menjadi patokan para teknisi untuk menganalisa. Mencari tanda berupa oli atau minyak yang keluar merupakan sebuah hal yang harus dilakukan.

2. Bau Aneh Tercium

Bau aneh yang dimaksud adalah bau khas freon, bau ini kadang tercium jika kebocoran terjadi di bagian evaporator indoor ac. Jika tiba-tiba tercium bau aneh dan kondisi ac menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin, mungkin itu merupakan tanda tanda ac mengalami kebocoran freon.

3. Bunga Es Pada Pipa Ac

Tanda paling khas adalah munculnya bunga es atau penebalan pipa es. Bunga es terjadi karena tekanan freon sudah mulai habis, tanda ini biasanya terlihat pada pipa ac hingga ke bagian pipa evaporator.

Itu tadi cara mudah mengetahui kebocoran freon ac, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Comments