Cara Mudah Mengatasi Kompresor Ac Overload

Cara Mudah Mengatasi Kompresor Ac Overload

Cara Mudah Mengatasi Kompresor Ac Overload -Apa itu kompresor overload ? biasanya kami sebagai teknisi ac menyebutnya seperti itu. Merupakan sebuah kondisi ketika kompresor ac sangat panas sehingga ketika pada titik panas maksimal akan membuat kompresor mati.

Beberapa kasus malah dapat menyebabkan kompresor itu tidak hidup sama sekali, tanda umumnya adalah terdengar suara seperti menahan.  Kejadian ini disebabkan oleh beberapa penyebab seperti jika kompresor sudah mulai tua, kurang oli atau ampere kompresor yang sudah sangat tinggi diluar batas normal.

Selama kondisi kompresor belum parah parah amat sebenarnya ada beberapa langkah yang biasa kami sebagai teknisi lakukan. Mulai dari mendinginkan kompresor hingga penanganan yang tak biasa lainnya.

Dan berikut ini cara mudah mengatasi kompresor ac overload ( Panas )

Kompres Dengan Kain Basah Atau Air Dingin

Jika kompresor overload atau panas berlebih melakukan tindakan pengompresan bisa sangat membantu, biasanya jika suhu pada kompresor sudah tidak panas maka kompresor akan kembali bekerja, namun ini cara ini juga kadang tidak berhasil. Namun tidak ada salahnya untuk di coba, karena dengan mendinginkan kompresor yang panas memang haruslah dilakukan.

Buka Pembatas Kompresor Dengan Kipas

Pada bagian kompresor yang memisahkan dengan blower atau kipas terdapat sekatan (pemisah). Sebaiknya buka pembatas ini agar angin yang di hasilkan kipas dapat mengenai kompresor. Hal ini diharapkan mampu membuat panas berlebih pada kompresor sedikit berkurang.

Kurangi Tekanan Freon

Jika langkah membuka pembatas dan pendinginan kompresor belum juga berhasil, maka saatnya untuk mencoba mengurangi tekanan freon. Jangan membuang freon terlalu banyak, lakukan perlahan dan lakukan pengurangan sedikit saja. Sebagai ukuran jika di alat ukur tekanan berada pada titik 80 psi, maka kurangi sampai di angka 70 atau 60 psi. Kami sering mencoba dan beberapa kasus cukup berhasil.

Tambah Oli Kompresor

Langkah mengisi kembali oli untuk kasus kompresor yang kekurangan oli akan sangat membantu, lakukan dengan penambahan yang pas, langkah ini memang terbilang lebih ribet, karena anda harus melakukannya dengan sebaik mungkin dan sesuai prosedur. Jika anda tidak mengerti maka memanggil tukang service ac yang telah berpengalaman bisa sangat membantu.

Demikian tadi beberapa cara mudah mengatasi kompresor ac overload, semoga dapat bermafaat.


Comments

  1. Kompresor sy tekanat di bawah standar. Tapi kompresor masih sering overload kapasitor sudah diganti. Kira kira apalagi masalahnya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup di Lem dan diganti Sel. Pasti normal.









      Di Lempar dan Di Ganti Seluruhnya.

      Delete

Post a Comment