Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Ac

Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Ac

Apakah anda pernah mengalami keluhan ac mengeluarkan bau yang tidak sedap ?

Jika iya maka sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, karena kami akan memberikan beberapa tips dalam mengatasi bau pada ac.

Bau ac tidak sedap dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti kotor, konsleting yang mengeluarkan bau sangit, ada bangkai binatang tertinggal dan bau yang disebabkan oleh kebocoran gas freon.

Sebaiknya kenali dulu penyebab bau tidak sedap yang keluar dari ac rumah anda, setelah itu baru lakukan penanganan.

Dan berikut ini penyebab dan cara mudah menghilangkan bau pada ac.

1.Kotor

Jika ac anda kotor sebaiknya lakukan pencucian ac dengan rutin. Langkah ini sudah pasti dan harus anda lakukan, karena hanya dengan melakukan pencucian maka ac akan kembali bersih dan dapat menghilangkan bau yang keluar pada ac. Lakukan pencucian secara rutin agar ac selalu dalam keadaan bersih.

2. Bangkai binatang

Bau tidak sedap karena bangkai binatang seperti cicak, kecoa bahkan tikus kerap terjadi. Ini biasanya disebabkan oleh perawatan ac yang kurang maksimal. Jika ini terjadi maka sebaiknya cari sumber bau dan lalukan pembersihan. Untuk menghindari binatang masuk ke ac sebaiknya lakukan pemasangan ac dengan standar yang tepat. Pasang unit ac agak tinggi terutama pada bagian outdoor, tutup lubang bobokan pada pipa ac dan lakukan service ac secara berkala.

3. Kebocoran Freon

Kebocoran freon pada evaporator ac dapat menimbulkan bau tidak sedap, bau freon ini akan sangat mengganggu. Jika ini terjadi sebaiknya lakukan perbaikan kebocoran, jika ac bocor freon bukan hanya saja akan menimbulkan bau tidak sedap, tapi juga ac akan menjadi tidak dingin.

4. Konsleting

Konslet atau arus pendek juga akan menimbulkan bau tidak sedap seperti sangit, biasanya kabel terbakar. Tangani permasalahan ini dengan mencari sumber konsleting dan lakukan perbaikan. Biasanya ada kabel yang menempel atau soket terminal kelistrikan yang kendur sehingga menghasilkan arus pendek.

Untuk menghindari permasalah ac bau tidak sedap sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan perawatan ac secara rutin. Ini sangat penting selain untuk menjaga kondisi ac, melakukan service berkala juga akan menghilangkan bau tidak sedap pada ac.

Comments