Mengapa Setelah Di Cuci Ac Malah Jadi Bocor ? ( Tanya Jawab Seputar Ac )


Haloo sobat, salam dingin.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan berusaha menjawab pertanyaan dari salah satu teman yang bertanya melalui email mengenai permasalahan yang baru saja beliau alami. yaitu permasalah bocor air pada ac.

Pertanyaan-nya adalah sebagai berikut :
Mas, saya mau bertanya. 2 hari yang lalu saya melakukan perawatan ac. Namun setelah di cuci kok ac saya malah jadi bocor. Padahal sebelumnya tidak pernah mengalami permasalahan ini. Yang ingin saya tanyakan adalah :

1. Kenapa setelah dicuci ac malah bocor?
2. Apakah berbahaya jika ac terus saya gunakan sementara mengalami kebocoran?
3. Apakah permasalahan ini biasa terjadi ?
Mohon dijawab,sekiranya mas berkenan.

Satu permasalahan namun meminta tiga jawaban sepertinya. Hehehe

Baiklah, sebelum saya jawab sebaiknya anda mengetahui bahwa dalam keadaan tertentu Ac memang suka mengalami kebocoran air. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti ac yang terlalu kotor atau selang pembuangan yang lepas. Inilah mengapa pencucian ac harus dilakukan secara hati-hati dan sampai benar-benar bersih. Jika tidak maka mungkin nanti setelah dicuci ac malah jadi bocor air.

Baca juga :
Penyebab Ac Kurang Freon
Penyebab Pipa Ac Yang Besar Keluar Bunga Es

Jawaban :

1# Kenapa setelah dicuci ac malah jadi bocor ?

Jika sebelumnya ac tidak pernah mengalami kebocoran, tapi pada saat habis dicuci malah jadi bocor. Kemungkinan telah terjadi penyumbatan pada pembuangan ac. Biasanya kotoran atau lendir menghambat saluran drain ac.

Jadi ketika dicuci kotoran akan terbawa air namun tidak sepenuhnya keluar melewati selang pembuangan. Kotoran atau lendir ini malah menumpuk pada selang pembuangan ac. Itulah mengapa sebaiknya ketika mencuci ac saluran pembuangan atau selang ac juga ikut disemprot, ini agar kotoran atau lendir didalam selang bisa ikut terdorong keluar tanpa meninggalkan sisa.

2# Apakah jika bocor tidak akan membahayakan jika terus digunakan?

Selama kebocoran hanya berupa tetesan air yang volumenya tidak banyak maka tidak akan membahayakan, dengan syarat anda meletakkan ember atau baskom dibawahnya. Tapi jika di bawah ac yang bocor terdapat barang-barang elektronik seperti tv atau komputer maka sudah jelas ini akan membasahi barang yang ada dibawahnya. Dan ini jelas berbahaya karena akan merusak barang-barang tersebut.

Sementara untuk ac nya sendiri tidak-lah terlalu berbahaya, karena tetesan air akan langsung jatuh tanpa mengenai komponen elektronik didalam ac, walaupun demikian kemungkinan tetap saja ada.

Langkah paling baik adalah jangan menghidupkan ac ketika mengalami bocor air. Namun jika terpaksa maka silahkan saja menghidupkan ac, asalkan anda menampung tetesan air yang keluar dari ac menggunakan ember atau baskom.

3# Apakah permasalahan bocor air pada ac ac biasa terjadi ? Walaupun baru saja dicuci.

Permasalahan ini merupakan sebuah hal yang memang kadang terjadi. Terutama untuk ac yang sudah teramat kotor. Jangan pernah juga menyalahkan teknisi ac anda. Karena jujur saja kadang melakukan pencucian ac dalam keadaan terpasang tidak akan membuat ac bersih secara menyeluruh. Karena alat semprot untuk mencuci ac tidak akan menjangkau semua bagian dalam ac, terutama sudut-sudut sempit pada ac.

Jika kebocoran ac tidak bisa juga diatasi dengan pencucian  yang dilakukan saat ac masih terpasang,, maka sebaiknya melakukan pencucian dibawah. Lepas ac dan lakukan pencucian pada saat ac tidak terpasang. Ini akan jauh lebih efektif dalam membersihkan ac secara menyeluruh.

Kesimpulannya adalah penyebab ac bocor air walaupun habis dicuci disebabkan oleh kotoran atau lendir yang menyumbat pembuangan. Jadi kalau bisa lakukan pencucian kembali, atau cara yang paling mudah adalah dengan meniup atau menyedot selang pembuangan agar sumbatan lendir dapat keluar.

Bagaimana, sudah cukup mengerti ? Jika belum maka silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar. Semoga jawaban mengenai ac bocor setelah dicuci ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah membaca dan salam dingin.

Comments

  1. kalau pipa pembuangan lancar, tetapi masih bocor, kira-kira apa penyebabnya?
    apakah talang air di dalam yang tersumbat?

    catatan: talang air bagian depan bersih, pipa pembuangan lancar.

    ReplyDelete
  2. Yup...kemungkinan besar talang belakang..biasanya harus overhoull ...service besar

    ReplyDelete
  3. Ada ga cairan perontok kotoran yang dapat merontokkan lendir kotoran di evap

    ReplyDelete
  4. Kalo saya sih ditiup selang pembuangannya (tiup dari atas), seketika lendir yg nempel diselang pembuangan jadi plong, beres ac ngga akan netes lagi

    ReplyDelete

Post a Comment