Tips Memilih Ac Bekas

Tips Memilih Ac Bekas

Tips Memilih Ac Bekas | Artikel Ac Terlengkap - Tidak bisa dipungkiri bahwa ac baru masih berada pada kisaran yang cukup mahal, inilah yang membuat ac bekas pakai masih sangat banyak diminati. Berbeda dengan membeli ac baru, membeli ac bekas diperlukan kehati-hatian, ac bekas umumnya tidak memiliki masa garansi yang panjang seperti ac baru yang mempunyai jaminan garansi cukup lama.

Biasanya jika kita membeli ac bekas maka masa garansinya tidak lebih dari 3 bulan, bandingkan saja dengan ac baru yang memiliki garansi 1 tahun bahkan lebih. Inilah yang menjadi kekurangan ketika kita memutuskan untuk membeli ac bekas, belum lagi dengan kualitas barang yang mungkin saja dalam kondisi yang sudah tidak bagus.

Dan berikut ini beberapa tips memilih ac bekas menurut artikel ac terlengkap :

1. Kelengkapan ac

Pastikan kelengkapan ac masih lengkap seperti bracket ac, remote atau mungkin kardus. Remote ac jika bisa masih remote asli atau bawaan.

2. Kualitas ac

Jangan memilih ac dengan kualitas yang sudah tidak baik seperti cassing lecet atau pecah, pastikan juga bahwa mesin kompresor masih gres atau berfungsi normal. Cek juga apakah evaporator atau kondensor mulus tanpa bekas las-an, jika terdapat bekas las-an pada evaporator atau kondensor itu menandakan bahwa ac bekas tersebut pernah mengalami rusak kebocoran.

Perlu diingat bahwa ac yang pernah mengalami kebocoran maka bukan tidak mungkin akan mengalami kebocoran kembali.

3. Pilih ac yang suku cadangnya masih asli

Jika diperbolehkan maka silahkan cek suku cadang didalam ac, pilihlah ac yang masih memiliki suku cadang bawaan atau asli. Ini penting karena kita tidak tahu sebenarnya suku cadang ac yang kita beli masih asli atau sudah bongkaran (sudah diganti).

4. Harga

Perhatikan juga selisih harga, jika ac baru memiliki kisaran harga 3 jutaan, maka belilah ac bekas dengan selisih harga di bawah 50 % dari harga yang baru. Sekedar informasi bahwa pasaran harga ac bekas berkisar di nominal 1 jutaan, namun biasanya belumlah berikut pemasangan, paling mahal jika berikut pemasangan adalah di kisaran harga 1,5 jutaan.

5. Garansi

Meminta garansi kepada penjual ketika membeli ac bekas merupakan hal yang wajib dilakukan, mintalah jaminan untuk ac bekas yang anda beli melalui nota pembelian. Pemberian garansi merupakan jaminan dari ac bekas yang sudah kita beli, jika terjadi masalah seperti kerusakan dan ac tidak dingin ketika dipasang, maka kita bisa mengajukan komplain.

Perhatikan kelima hal diatas ketika anda membeli ac bekas, pastikan juga melakukan perbandingan harga dan mengetahui kualitas dari merk ac yang akan kita beli, jadilah pembeli atau konsumen yang bijak. Demikian tadi tips memilih ac bekas yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment