Haruskah Isi Freon Setiap Cuci Ac ?

Haruskah Isi Freon Setiap Cuci Ac ?

Haruskah Isi Freon Setiap Cuci Ac ? | Artikel ac terlengkap - Pertanyaan seperti ini terkadang terlintas dipikiran kita, setiap cuci ac, si tukang ac selalu bilang bahwa ac kita mengalami kekurangan freon. Sebenarnya apakah memang seperti itu ? setiap cuci ac pasti selalu tambah freon.

Sebaiknya anda mengetahui beberapa fakta berikut ini :

1. Kurang freon ac tidak akan terjadi jika tidak ada kebocoran
2. Pilih teknisi ac yang profesional dan jujur
3. Jika benar-benar kurang freon, maka mintalah tukang ac untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh
4. Akal-akalan si tukang ac
5. Kurang freon memang sudah terjadi diawal pemasangan

Kelima hal diatas merupakan beberapa kemungkinan yang menyebabkan ac selalu di isi freon setiap kali di cuci. Poin ke 4 merupakan sebuah fakta yang sering sekali terjadi, tukang ac selalu menawarkan pengisisan freon walaupun sebenarnya ukuran freon dalam kondisi yang normal.

Baca juga deh yang ini : Penyebab Ac Kurang Freon

Dengan dalih bahwa " jika cuci saja maka ac tidak akan dingin " maka mereka menawarkan ke anda untuk melakukan penambahan freon.  Untuk tindak kecurangan seperti ini, sebenarnya sih si-tukang ac tidak salah-salah amat, justru disinilah kesalahan kita sebagai seorang pelanggan, kita tidak memperhatikan mereka kerja, kita tidak mengawasai si-tukang ac ketika mereka melakukan pengecekan freon, parahnya lagi adalah kita tidak cukup mengetahui tentang berapa sih sebenarnya tekanan freon ac yang normal ?

Dan kali ini kami akan membahas mengenai permasalahan tersebut, berharap agar anda bisa lebih mengetahui tentang permasalah ac, dalam hal ini adalah freon ac yang selalu di tambah ketika melakukan pencucian ac, kita akan bahas satu persatu.

Kurang freon ac tidak akan terjadi jika tidak ada kebocoran.

Perlu anda ketahui bahwa tekanan freon ac tidak akan berkurang kecuali terdapat kebocoran pada instalasi dan juga unit ac. Tidak dingin pada ac biasanya disebabkan oleh kondisi ac yang amat kontor. Namun terkadang untuk mereka yang kurang paham selalu menganggap bahwa ac yang kurang dingin pasti disebabkan oleh tekanan freon ac yang berkurang.

Memang sih terkadang ac tidak dingin disebabkan oleh freon yang berkurang, tapi patut diingat (sekali lagi ) bahwa jika tekanan freon berkurang bahkan habis, maka sudah dapat dipastikan bahwa ada kebocoran di instalasi ataupun unit ac.

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya jangan asal isi freon tanpa melakukan perbaikan pada instalasi yang bocor, karena akan merugikan anda, tekanan freon akan cepat berkurang atau habis selama titik kebocoran belum diperbaiki.

Pilih teknisi ac yang profesional dan jujur

Tukang ac yang profesional dan jujur merupakan jaminan kita mendapatkan service lebih dari yang diharapkan, walaupun memang tidak melulu harus seperti itu. Pilihlah penyedia ac yang sudah berpengalaman dan terlatih, jika perlu pesan jasa ac dari sebuah perusahan yang sudah terjamin kualitas dan service-nya.

Lakukanlah pengecekan ac secara menyeluruh sebelum di cuci, jangan ragu untuk meminta kepada tukang ac, minta pada mereka untuk lebih teliti dalam melakukan pemeriksaan

Ini merupakan sebuah anjuran yang cukup penting, minta tukang ac yang mencuci ac anda untuk lebih teliti dalam memeriksa kondisi ac anda, jika ada yang bocor maka segera perbaiki. Inilah pentingnya melakukan pemeriksaan sebalum melakukan pencucian ac, jika terjadi masalah maka dapat diketahui lebih awal.

Bagaimana jika ini merupakan akal-akalan situkang ac ? Setiap cuci ac selalu bilang bahwa freon kurang ?

Ini merupakan sebuah tindakan kecurangan yang cukup merugikan pelanggan, berharap dapat untung besar namun dengan cara yang tidak terpuji. Udah deh, tukang ac seperti ini sebaiknya anda tinggalkan, masih banyak kan tukang ac yang memiliki kejujuran, sebaiknya lebih selektif dalam memilih tukang ac, pilih mereka yang benar-benar profesional saja.

Freon ac sebenarnya sudah berkurang pada saat proses pemasangan di awal

Proses pemasangan yang tidak benar bisa menyebabkan freon ac berkurang, atau bisa juga tekanan freon pada ac sebenarnya memang belum mencukupi. Perlu diingat bahwa pabrik-pun tidak selalu sempurna, terkadang ada beberapa unit ac yang memang tekanan freonnya belum cukup. Untuk itulah sebaiknya dilakukan pengecekan tekanan freon setelah ac terpasang.

Bagaimana menurut anda ? Pernahkah anda mengalami permasalahan ini ? Setiap cuci ac freon selalu di tambah ? Silahkan share dikolom komentar :)

Comments

Post a Comment